Jumat, 26 November 2010

Perubahan Tingkah Laku melalui Instrumental Conditioning (Tugas Psikologi Belajar Smstr.3)

Perubahan Tingkah Laku di Kampus


Perubahan tingkah laku yang dipilih adalah perubahan tingkah laku dari buruk menjadi baik yang terjadi di lingkungan kampus. Tingkah laku tersebut adalah kebiasaan terlambat yang berubah menjadi kebiasaan untuk datang tepat waktu. Pada awalnya, mahasiswa sering terlambat. Ketika mahasiswa tersebut bertemu dengan dosen yang sangat disiplin, mahasiswa akhirnya juga berubah menjadi ikut disiplin.

Kondisi awal :
Ruang kelas (Modulator)


dosen tidak disiplin   --->  datang terlambat   ---->     boleh masuk kelas
      (stimulus)                     (respon)                     (outcome/reinforcement)


Saat mahasiswa tersebut mendapat kelas dengan dosen yang disiplin, mahasiswa pun berubah menjadi disiplin. Hal ini terjadi karena dosen yang dispilin menerapkan aturan bahwa mahasiswa yang terlambat tidak boleh masuk kelas untuk mengikutin perkuliahan.


Proses belajar :


dosen disiplin   --->    datang terlambat   --->   tidak boleh masuk kelas
(stimulus)                        (respon)                    (outcome/punishment)




Kejadian ini membuat mahasiswa belajar untuk disiplin. Sehingga datang tepat waktu juga diterapkan oleh mahasiswa tersebut pada dosen yang lainnya (stimulus generalization). Namun bisa saja terjadi extinction, yaitu di saat mahasiswa di semester selanjutnya tidak bertemu dengan dosen yang disiplin atau lebih banyak mendapat kelas dengan dosen yang tidak dispilin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar